Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak

blogger templates
Info Kesehatan - tips meningkatkan kecerdasan anakcara meningkatkan kecerdasan anakmakalah meningkatkan kecerdasan anakmembantu meningkatkan kecerdasan anakmakanan untuk meningkatkan kecerdasan anakcara meningkatkan kecerdasan emosimeningkatkan kecerdasan bayitips meningkatkan kecerdasan otak anakcara meningkatkan kecerdasan anak usia dini.

kecerdasan anak
Memiliki seorang anak yang cerdas tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Setiap orang tua pasti sangat menginginkanya, tetapi tahukah anda bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak. Kalau bicara mengenai kecerdasan anak, tentu tidak akan terlepas dari yang namanya kualitas otak, sedangkan kualitas otak seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu makan sehat dan berolah raga, karena makanan yang sehat adalah makan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi otak anak, sedangkan olah raga dapat memperlancar peredaran darah ke otak.

Artikel Lain : Jenis Gangguan Kesehatan Pada Anak

Salah satu makanan penunjang yang mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak anak yaitu protein. Makanan yang sangat banyak mengandung protein, selain protein lemak juga dapat membantu meningkatkan otak anak. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah di dapatkan, harganya pun sangat terjangkau. Meskipun di dalam telur mengandung kolesterol, tetapi pada bagian kuning telur ternyata memiliki banyak kandungan kolin, yaitu merupakan zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat anak.

Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, DHA, EPA yang sangat berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih banyak diketahui mampu berfikir lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan kecerdasan anak.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan banyak kandungan energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Kacang dikatakan baik untuk otak karena kacang dapat memberikan energi lebih lama sehingga mampu membantu meningkatkan kecerdasan anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega 3 lebih banyak dibanding dengan kacang jenis lain.

Daging sapi
Daging sapi merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak untuk berkonsentrasi dan tetap bersemangat ketika sedang belajar di sekolah. Daging sapi juga memiliki banyak mengandung mineral lainnya seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat anak, sehingga daging merupakan salah satu makanan untuk cara meningkatkan kecerdasan anak dini.

Sayur-sayuran
Bayam, Wortel, ubi jalar, labu dan tomat merupakan beberapa jenis sayuran yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, ini berguna untuk membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat. Sehingga jenis sayuran tadi sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Susu
Susu telah teruji memiliki banyak kandungan protein yang tinggi. Jenis nutrisi ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Berikut ini beberapa tips dan cara meningkatkan kecerdasan emosi atau cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini sehingga membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Mengenalkan musik
Mengenalkan musik pada usia dini dapat memberikan manfaat besar bagi anak. Selain itu, musik merupakan salah satu yang memang paling menyenangkan walaupun ada beberapa jenis aliran musik yang tidak disenangi. Namun, dengan mengenalkan anak pada dunia musik maka akan membantunya untuk mengasah otak kanan anak. Selain itu, musik sudah terbukti bisa membantu mengembangkan IQ dan akademik si buah hati.

Memberikan permainan yang dapat mengasah otak
Permainan asah otak mempunyai manfaat dan fungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan otak kanan anak. Beberapa permainan asah otak anak misalnya permainan teka teki silang, permainan tebak-tebakan yang dapat membuat anak menjadi ingin tahu dan akan mencari tahu sampai mengetahui apa jawabanya.

Membaca
Mulailah mengenalkan anak anda pada suatu bacaan ringan namun memiliki manfaat yang besar. Karena membaca merupakan satu unsur yang bisa membantu meningkatkan otak anak. Membaca merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak khususnya perkembangan kognitif anak usia dini. Dengan mengajari mereka membaca sedini mungkin dan memotivasi anak untuk senang membaca merupakan suatu cara meningkatkan kecerdasan anak.

Rasa ingin tahu
Orang tua di wajibkan untuk mendorong dan menjaga anaknya agar mereka terus menggali hal-hal baru dan mengenalkan anak pada suatu pelajaran yang memiliki manfaat besar untuknya serta berharga. Cara yang bisa di lakukan yaitu memberikan dukungan apapun hobi mereka yang sifatnya positif dan jangan pernah bosan atau lelah untuk menjawab apa saja yang ditanyakan anak. Karena semakin banyak anak bertanya maka akan semakin banyak pengetahuan anak. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak agar anak bisa lebih berpikir secara intelektual.

0 Response to "Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak"

Posting Komentar