Cara Atasi Demam Pada Anak

blogger templates
Info Kesehatan : cara atasi demam pada anak, cara mengatasi demam tinggi pada anak, cara mengatasi demam pada anak 1 tahun, cara mengatasi demam pada anak secara tradisional, cara mengatasi demam pada anak usia 6 bulan, cara mengatasi demam pada anak di malam hari, cara mengatasi demam pada anak usia 3 tahun, cara mengatasi demam pada anak umur 1 tahun, cara mengatasi demam pada anak usia 2 tahun.

Anak Demam

Sebagai orang tua tentunya kita sangat ingin melihat anak-anak selalu sehat dan ceria, segala macam upaya dilakukan dengan memberi perhatian penuh dan senantiasa menjaga kebersihan agar kesehatan si buah hati tetap terjaga. Namun kenyataan yang ada tidaklah demikian, meskipun kita sebagai orang telah memberikan itu semua, ada kalanya pada saat tertentu kondisi tubuh anak rentan terhadap serangan virus dan bakteri sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Permasalahan yang sering dihadapi kesehatan anak yaitu demam. Demam merupakan ketika suhu tubuh anak berada di atas 37 derajat celcius. Ini biasanya terjadi akibat adanya infeksi yang di timbulkan oleh virus atau bakteri. Demam sebenarnya bukanlah sebuah jenis penyakit, tetapi suatu bentuk reaksi yang ditimbulkan akibat perlawanan tubuh terhadap virus atau bakteri, atau dengan kata lain demam merupakan suatu respon tubuh melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Demam sering kali akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun panas bisa di beli secara bebas di apotek. Baca aturan pakai dan ikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter atau bisa di lihat pada kemasan. Demam dianggap berpotensi bisa membahayakan jika suhu tubuh telah mencapai lebih dari 39 derajat celcius. Suhu tubuh yang sangat tinggi tersebut menandakan bahwa telah terjadi infeksi serius di dalam tubuh. Maka kalau sudah begitu jangan tunda lagi untuk meminta pertolongan pada petugas kesehatan atau dokter.

Oleh karena itu usaha untuk atasi demam pada anak yang salah malah akan memperpanjang masa sakit yang di deritanya. Hal ini berbeda dengan pendapat orang tua dulu bahwa demam bisa memperburuk suatu kondisi penyakit ataupun berdampak buruk secara umum terhadap anak mereka, mereka berpikir demam yang timbul ini dapat membakar sel-sel saraf anak, padahal tidaklah demikian.

Lalu bagaimana cara atasi demam pada anak?

Artikel Lain : Cara Meredakan Demam Dengan Daun Pisang

Tidak usah cemas ketika anak anda demam, penanganan yang berlebihan terhadap demam anak, misalnya saja langsung diberikan antibiotik atau langsung melakukan cek darah akan merugikan anak di banding dengan menghilangkan demam anak.

Cara Atasi Demam Anak :
  • Gunakan pakaian longgar yang tidak tebal agar sirkulasi udara bisa bebas bergerak, sehingga dapat mengurangi rasa panas dan anak menjadi lebih nyaman.
  • Berilah banyak minum air putih hangat agar tidak dehidrasi, karena pada saat demam biasanya anak akan kehilangan banyak cairan. Ini disebabkan karena akibat panas maka cairan yang ada pada tubuh anak menguap keluar.
  • Kompres dengan menggunakan air hangat di bagian dahi, leher, ketiak, dada dan pangkal paha. Hindari penggunaan alkohol, karena uap alkohol akan berbahaya apabila terhirup oleh anak anda.
  • Apabila dibutuhkan berilah obat paracetamol khusus anak-anak sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasan. Hati-hati dalam pemberian obat, jangan sampai salah dalam pemberian dosis. Jadi harus ekstra hati-hati.
  • Biarkan anak beristirahat. Buatlah istirahat anak anda senyaman mungkin dengan selalu mendampinginya agar dia merasa selalu terjaga.
  • Selalu periksa suhu tubuh anak secara rutin. Untuk mengetahui suhu tubuh anak secara pasti, maka di harapkan menggunakan termometer. Suhu tubuh normal anak berkisar di angka 36 sampai 37 derajat celcius.
  • Apabila demam terus memburuk, jangan pernah menunda untuk segera meminta pertolongan kepada tenaga kesehatan atau dokter agar dapat segera dilakukan pertolongan secara medis sebelum terlambat.
Demikianlah cara atasi demam pada anak, semoga saja artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi informasi penting untuk kita ketahui bersama sebagai orang tua untuk buah hati yang kita cintai.

0 Response to "Cara Atasi Demam Pada Anak"

Posting Komentar