Langkah Penting Atasi Demam Anak

blogger templates
Info Kesehatan : langkah penting atasi demam anak, cara mengatasi demam pada anak, cara mengatasi demam tinggi pada anak 2 tahun, pengobatan mengatasi anak demam, cara mengatasi demam tinggi pada anak kecil, cara mengatasi demam tinggi pada anak usia 1 tahun, cara mengatasi demam tinggi pada anak bayi, cara mengatasi demam tinggi pada anak balita, cara mengatasi demam tinggi pada anak usia 2 tahun, cara mengatasi demam tinggi pada anak 1 tahun.

Demam pada anak

Setiap orang pasti pernah mengalami demam terutama anak-anak. Apabila anak sedang demam, tentu sebagai orang tua kita merasa cemas melihat anak yang tidak lagi seceria seperti biasanya. Cemas melihat anak demam si boleh-boleh saja, asal jangan terlalu berlebihan apalagi sampai menyalahkan diri sendiri atau orang lain karena beranggapan tidak becus dalam mengurus anak anda. Anggapan seperti itu bukanlah solusi terbaik untuk menanggapi permasalah seperti ini. Bukanya meringankan, malah justru akan menambah ricuh isi di dalam rumah sehingga akan mengganggu ketenangan anak yang sedang sakit.

Artikel Lain : Cara Atasi Demam Pada Anak

Tenang aja pa, ma nggak usah panik. Demam pada anak memang sering terjadi karena sistem kekebalan tubuh pada anak belum terbentuk sempurna, sehingga anak nantinya akan sering mengalami sakit/demam. Tetapi demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu bentuk reaksi pertahanan tubuh terhadap adanya infeksi virus atau bakteri yang mengindikasikan bahwa sedang ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh, sehingga suhu tubuh menjadi naik. Suhu tubuh normal pada anak biasanya berkisar di antara 36 sampai 37 derajat celcius, apa bila suhu tubuh melebihi suhu normal tersebut maka anak kita bisa dikatakan demam.

Demam biasanya muncul apabila di dalam tubuh terdapat virus atau bakteri yang menginfeksi area tertentu. Pada kondisi tertentu demam yang terjadi pada anak tiba-tiba bisa hilang dengan sendirinya tanpa diberikan pengobatan. Tetapi pada kondisi lain, demam juga bisa menjadi sangat berbahaya apabila suhu tubuh anak mencapai lebih dari 39 derajat celcius yang dapat memicu terjadinya step atau kejang. Apakah step atau kejang pada anak itu berbahaya? jawabanya bisa iya, bisa juga tidak. Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara mendalam mengenai permasalahan tersebut, nanti bisa anda baca pada artikel selanjutnya.

Apabila anak demam yang di obati bukanlah demamnya, melainkan sumber penyakit yang menyebabkan terjadinya demam tersebut. Jadi tidak usah terburu-buru memberikan obat tertentu, karena bisa-bisa salah dalam memberikan obat nanti malah dapat memperburuk sumber penyakitnya.

Berikut Langkah Penting Untuk Mengatasi Demam Anak

Jangan panik
Upayakan agar tetap tenang menghadapi situasi seperti ini, memang bukan perkara mudah untuk mengatasi rasa panik saat si buah hati sakit, tetapi harus tetap di usahakan tetap tenang agar segala sesuatu yang di lakukan nantinya tidak keliru. Karena dalam keadaan tenang tentunya fikiran kita menjadi lebih jernih berfikir langkah apa saja yang harus dilakukan selanjutnya.

Berilah Pertolongan Pertama
Bila anak demam, letakan anak di ruangan yang memiliki lubang sirkulasi udara yang baik, jangan berikan selimut pada anak yang sedang demam, gunakan pakaian longgar agar anak merasa nyaman. Kompres menggunakan air hangat di bagian dahi, leher, ketiak, dada dan pangkal paha, dan jangan lupa memberikan banyak minum air hangat agar cairan dalam tubuh anak tetap terjaga. Apabila anak masih menyusui, usahakan agar tetap memberi asi sebanyak-banyaknya.

Beri Kenyamanan
Dalam keadaan demam, biasanya anak menjadi lemas, lesu dan rewel, maka agar mengurangi aktifitasnya, biarkan anak istirahat dengan nyaman agar kondisi tubuhnya kembali segar. Dengan begitu diharapkan dapat mempercepat pemulihan terhadap sistem kekebalan tubuh anak. Dan yang paling penting yaitu dengan selalu mendampingi sang buah hati saat dia sedang tertidur, Sehingga dia merasa lebih nyaman dan selalu tetap terjaga oleh orang tuanya.

Demikianlah langkah penting mengatasi anak yang sedang demam, semoga saja bisa bermanfaat dan menjadi informasi penting saat sedang dibutuhkan. Apabila keadaan demam anak terus berlanjut dan semakin parah, segeralah bawa anak anda kerumah sakit sehingga dapat segera dilakukan perawatan secara medis oleh petugas kesehatan atau dokter.

0 Response to "Langkah Penting Atasi Demam Anak"

Posting Komentar