Daun Pisang Sebagai Obat Tradisional

blogger templates
Info Kesehatan : daun pisang sebagai obat tradisional, obat alami dari daun pisang, manfaat daun pisang, manfaat daun pisang bagi kesehatan, manfaat daun pisang kering, informasi manfaat daun pisang, manfaat kulit pisang, manfaat buah pisang, manfaat batang pisang.


Daun Pisang

Daun pisang umumnya biasa kita jumpai digunakan oleh banyak orang sebagai pembungkus makanan, karena memang selain lebih praktis dalam penggunaan makanan yang di bungkus dengan daun pisang tetap terjaga cita rasanya, serta aroma dari makanan tersebut menjadi lebih nendang katanya. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang pembungkus makanan dari daun pisang, akan tetapi informasi mengenai daun pisang sebagai obat tradisional.

Setiap orang pasti tahulah kalau di tanya tentang daun pisang, ya karena memang pohon pisang merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh subur dimana saja. Tetapi tahukah anda kalau ternyata daun pisang tidak kalah manfaatnya seperti buah dan kulitnya yaitu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Artikel Lain : Mengobati Jerawat Dengan Kulit Pisang

Sejak zaman dahulu ternyata daun pisang telah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu bahan campuran obat-obatan tradisional karena daun pisang dipercaya memiliki banyak khasiat yang luar biasa dalam mengobati berbagai penyakit. Lalu penyakit apa saja yang bisa di obati dengan menggunakan obat tradisional dari daun pisang? Yaitu sebagai berikut :

Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan
Penyakit radang tenggorokan biasanya terjadi ditandai dengan tenggorokan terasa kering, sakit saat menelan, dan tenggorokan menjadi bengkak. Meskipun sakit radang tenggorokan pada level tertentu bukanlah merupakan penyakit yang berbahaya, akan tetapi sakit yang ditimbulkanya membuat si penderita menjadi merasa tidak nyaman. Cara membuatnya : Ambil daun pisang yang sudah mengering, cuci hingga bersih menggunkan air hangat, lalu rebus daun pisang kering tadi dengan menambahkan air secukupnya, dingankan, dan minum airnya secara rutin sampai sakit tenggorokan menghilang.

Meredakan Deman
Demam yaitu dimana suhu tubuh manusia terasa panas melebihi suhu normal lebih dari 37 derajat celcius, demam biasanya terjadi sebagai tanda adanya gangguan suatu penyakit yang terjadi di dalam tubuh atau dengan kata lain sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap suatu penyakit. Daun pisang bisa digunakan untuk meredakan demam, Caranya yaitu : Ambil satu pelepah daun pisang muda, potong sesuai ukuran yang di inginkan, bersihkan dengan menggunakan kain lembut, lalu olesi permukaan daun pisang tadi dengan minyak kelapa atau kalau tidak ada juga bisa menggunakan minyak goreng secara merata, kemudian tempelkan pada perut, punggung, dahi, leher dan ketiak.

Meredakan Sakit Batuk
Daun pisang juga memiliki khasiat untuk meredakan batuk, Cara membuat ramuan herbal obat tradisional sakit batuk yaitu : Ambil satu pelepah daun pisang, cuci bersih, lalu rebus dengan menambahkan air bersih secukupnya, setelah mendidih diamkan hingga dingin, kemudian minum 1 gelas air rebusan daun pisang tadi secara rutin hingga batuk sembuh.

0 Response to "Daun Pisang Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar